Selasa, 20 Oktober 2020

Pengolahan Data Informasi dengan Office

Aplikasi Pengolah Kata (Microsoft Word)

Pengertian Aplikasi Pengolah Kata (Word Processor)

·                     Aplikasi pengolah kata (word processor) merupakan software / perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah kata dan berkaitan dengan dokumen, seperti tahapan membuat, mengedit, memodifikasi, menyunting maupun mencetak dokumen, banyak digunakan untuk membuat naskah laporan, artikel, brosur, karya tulis, surat menyurat, dan lain-lain. 

·                     Perangkat lunak pengolah kata (Bahasa Inggris: word processor) adalah suatu aplikasi komputer yang digunakan untuk produksi (termasuk penyusunan, penyuntingan, pemformatan, dan kadang pencetakan) segala jenis bahan yang dapat dicetak.

Macam-macam / Contoh Aplikasi Perangkat Lunak Pengolah Kata.
Macam-mcam / Contoh aplikasi pengolah kata diantaranya :

·                     OpenOffice.org Writer,

·                     Notepad,

·                     Wordpad,

·                     Microsoft Word,

·                     Google Docs,

·                     Word Star,

·                     Word Online (Office Online)

Fungsi Aplikasi Pengolah Kata
Dengan aplikasi ini kita dapat membuat berbagai dokumen, berikut ini merupakan fungsi Aplikasi Pengolah Kata seperti :

·                     naskah laporan, 

·                     proposal, 

·                     artikel, 

·                     kolom koran, 

·                     mail merge, 

·                     brosur, 

·                     booklet, 

·                     karya tulis, 

·                     surat menyurat, 

·                     word art, 

·                     smart art , 

·                     tabel dan sebagainya.

 

Untuk mempelajari materi Pengolah Kata ini menggunakan Microsoft Word atau Google Docs.

 

Pengolah Angka (Microsoft Excel)

 

Microsoft excel adalah salah satu aplikasi yang dikeluarkan oleh Microsoft yang tergabung dalam Microsoft office yang digunakan dalam pengolahan angka. Microsoft excel sangat pouler dikalangan pelajar dan para pekerja untuk membantu dalam menyelesaikan tugas dan permasalahan yang mudah sampai yang rumit dalam bidang administrasi khususnya. Microsoft excel dikenal dengan penggunaan rumus-rumus atau formula yang ada dalam lembar kerjanya. Penggunaan rumus dan formula yang efektif akan mempermuda dalam pembuatan laporan yang berhubungan dengan angka.

Kelebihan Microsoft Excel

1.   Mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar dengan kapasitas dalam satu sheet terdiri dari 1 juta baris, dan 16.000 kolom.

2.   Microsoft excel mempunyai format yang paling popular dan flexible.

3.   Microsoft excel mempunyai program penggunaan rumus yang sangat lengkap sehingga mempermudah dalam pengolahan

Manfaat Microsoft Excel

1.   Mempermudah dalam menganalisa data dalam bentuk table dan juga grafik

2.   Ketersediaan formula banyak sehingga mempermudah untuk membuat suatu rumus yang sulit dan variatif

3.   Mempermudah menganalisa kesalahan rumus ditiap tahap perhitungan pada rumus yang panjang dengan fasilitas trace error

4.   Mempermudah untuk memilih milih data dengan fasilitas yang ada di program Microsoft Excel seperti Auto Filte

Manfaat / Fungsi Aplikasi Pengolah Angka (Spreadsheet)

Dalam aplikasi ini terdapat sejumlah fitur yang berguna untuk pengetikan dokumen, diantaranya :

·                     perhitungan angka, 

·                     keuangan, 

·                     tabel, 

·                     data statistik, 

·                     grafik, 

·                     penerapan vba, 

·                     penerapan rumus/formula dan lain-lain

Teknik Presentasi dengan PowerPoint

 

1. Konten Dahulu

Bagian pertama dari penulisan presentasi berbasis PowerPoint yang sukses tidak ada hubungannya dengan PowerPoint; ini semua tentang konten yang akan Anda masukkan ke dalamnya.

 

Anda membuat kesalahan jika Anda memulai dengan melihat desain presentasi PowerPoint Anda atau membuat animasi untuk slide Anda dari awal. Sebagai gantinya, Anda harus memprioritaskan menulis konten untuk presentasi Anda terlebih dahulu. Tulis konten Anda bahkan sebelum membuka PowerPoint.

 

Singkatnya, ingatlah kedua hal sederhana ini saat Anda mulai menulis konten untuk presentasi Anda:

1. Buruk - Anda memulai membuat presentasi PowerPoint dengan membuka aplikasi dan memilih tema dan warna favorit Anda.

2. Bagus - Letakkan diri Anda di posisi audiens Anda, dan putuskan apa yang harus mereka rasakan dan ketahui di akhir presentasi Anda.

Saya menggunakan aplikasi catatan sederhana seperti Notes di Mac atau Evernote untuk membantu pemikiran saya. Saya juga telah mengetahui untuk menuliskan ide konten saya di cadangan atau bagian belakang buku catatan. Untuk latihan ini, ambil selembar kertas dan ikuti setiap langkah penulisan konten.

Ingat: Intinya adalah kita memutuskan apa yang ingin kita katakan sebelum kita memulainya di PowerPoint. 

 

Mari merinci langkah yang saya gunakan saat menulis presentasi menggunakan Microsoft PowerPoint:

 

Langkah 1. Tuliskan Tujuan Presentasi Anda

Saya salah karena menaruh semua data atau ide saya ke dalam file PowerPoint dan melihat seperti apa jadinya. 

 

Petualangan tanpa arah ini adalah resep pasti untuk presentasi yang akan membuat audiens Anda kehilangan perhatian mereka. Itulah mengapa sangat penting untuk menetapkan tujuan presentasi Anda terlebih dahulu.

Berikut adalah beberapa contoh penetapan tujuan untuk presentasi:

§ Untuk mendidik audiens pada perkembangan terakhir dengan bahasa pemrograman Swift.

§ Untuk memperbarui tim saya dalam kemajuan sebuah proyek besar di perusahaan.

§ Untuk membujuk audiens untuk menggunakan produk Anda dan mengembangkan bisnis freelance mereka sendiri.

Anda bisa memecahkan jenis presentasi utama ini ke kategori lain, namun saya merasa ini adalah cara yang sederhana dan bermanfaat untuk mulai menetapkan sasaran Anda.

 

Sebelum membuka PowerPoint, mulailah dengan menuliskan terlebih dulu (atau mengetik) tujuan presentasi Anda.

 

Sebelum Anda mulai menulis presentasi Anda, atau menggabungkan semua data dan visual.

Lakukan ini: Tuliskan tujuan presentasi Anda di selembar kertas, atau aplikasi yang memperhatikan pilihan. Letakkan di depan Anda sepanjang proses penulisan konten, jadi Anda tidak akan kehilangan tujuan akhir untuk presentasi Anda.

 

Langkah 2. Tentukan Audiens Anda

Siapa yang akan Anda ajak bicara, dan apa yang sudah mereka ketahui tentang topik yang sedang dibahas?

Tampaknya sangat jelas, namun banyak presenter menggunakan satu ukuran dari semua pendekatan untuk berbagi informasi. Anda harus menyesuaikan konten Anda sesuai dengan siapa yang akan mendengarnya, dan apa yang mereka ketahui tentang topik itu sebelumnya.

 

Jika saya berbicara dengan seorang ekonom PhD, sebuah presentasi tentang masa depan akan berbeda daripada jika saya mempresentasikan kepada sekelompok siswa sekolah menengah. Menyesuaikan konten Anda ke audiens akan membantu mereka mendapatkan hasil maksimal dari presentasi Anda.

 

Lakukan ini: Jelaskan audiens utama Anda di bawah tujuan yang Anda tulis di langkah pertama. Tuliskan apa tingkat keakraban mereka dengan topiknya, dan apa pun yang mungkin mereka ketahui bersama.

 

Setelah Anda menetapkan tujuan, tambahkan target audiena Anda ke rencana presentasi Anda.

Pertimbangkan semua hal berikut saat menentukan audiens Anda:

§ Apa yang mereka ketahui tentang topik sebelum menghadiri presentasi Anda?

§ Apa yang mereka ketahui tentang Anda datang ke presentasi? Presentasi Anda bisa berkisar dari rekan kerja harian Anda, hingga sekelompok orang yang sama sekali asing.

§ Tentukan apa harapan mereka untuk presentasi; Apakah mereka datang untuk menemukan solusi untuk suatu masalah, belajar sesuatu yang baru, atau untuk dihibur?

Semua ini harus dipertimbangkan saat Anda menulis konten. Anda akan mendekati audiens rekan Anda secara berbeda daripada audiensi yang tidak biasa.

 

Yang terbaik, Anda dapat membuat beberapa versi presentasi jika audiens Anda berubah. Setiap kali audiens Anda berubah, Anda bisa otak-atik presentasi agar sesuai. 

 

Pelajari lebih lanjut tentang bagaimana menempatkan kebutuhan audiens Anda terlebih dahulu, dan juga bagaimana membuat presentasi PowerPoint yang hebat yang mudah diingat dan persuasif: 

 

Langkah 3. Tetapkan Poin Kunci Presentasi Anda

Kami telah mendefinisikan tujuan presentasi dan mempertimbangkan audiens kami. Sekarang, saatnya menulis sebuah presentasi yang sesuai dengan keduanya.

 

Saya biasa membuat ide untuk menulis garis besar presentasi saya. Saya pikir saya memiliki semua ide dan poin kunci yang didefinisikan dengan jelas dalam pikiran saya sendiri. Sayangnya, ini adalah kejelasan yang salah; kita bias memahami ide kita sendiri jauh lebih baik daripada orang lain.

 

Audiens yang kami definisikan dibawah, mulailah menuliskan ide pendukung utama untuk presentasi Anda. Bertujuan untuk empat sampai lima poin utama yang akan menjadi landasan presentasi Anda.

 

Tetapkan poin utama sebagai poin garis besar Anda - di aplikasi catatan pilihan Anda.

Jika saya menulis pidato persuasif misalnya, masing-masing poin utama akan menjadi gagasan kunci yang memperkuat keseluruhan tujuan saya. Sekali lagi, ikatkan semua yang Anda tulis kembali ke tujuan semula.

 

Tidak ada aturan untuk menulis garis besar, dan tidak ada alasan untuk mengulangi prosesnya. Tujuannya adalah untuk hanya memperkuat struktur konten kami dan menyusun peta jalan untuk presentasi kami, dengan masing-masing ide utama sebagai poin mereka sendiri.

 

Langkah 4. Bangun Poin Pendukung Anda

Mari kita teruskan garis besar itu. Kami telah mengidentifikasi poin utama, sekarang saatnya untuk melangkah satu tingkat lebih dalam. 

 

Untuk masing-masing ide utama kami, mari tambahkan tingkat detail kedua. Inilah poin pendukung untuk setiap ide utama, atau pada dasarnya merupakan tingkat kedua dari garis besar Anda.

 

Kami pada dasarnya telah membangun sebuah piramida konten sekarang. Bagian bawah piramida yang memandu keseluruhan presentasi adalah tujuannya. Di atas itu adalah garis besar, dengan poin pendukung yang mendorong tujuan. 

 

Untuk detail lebih lanjut, Anda dapat mempelajari tentang proses penulisan presentasi dalam tutorial bermanfaat ini: 

 

Dalam banyak hal, kerja keras sudah selesai. Kami sekarang memiliki semua potongan untuk membuat presentasi PowerPoint yang bagus - kami hanya perlu mengumpulkannya.

 

2. Tambahkan Konten Anda

Pada titik ini, Anda harus memiliki empat item kunci yang ditulis, lalu kami siap menggunakannya untuk mulai menyusun presentasi kami.  Item kunci ini adalah:

§ Sasaran Presentasi - Kekuatan pendorong mengapa Anda mempresentasikan, dan apa yang audiens Anda pahami pada akhirnya.

§ Menentukan Audiens - Untuk siapa Anda mempresentasikan? Apa yang mereka tahu dalam presentasi ini?

§ Garis Besar - Peta jalan untuk presentasi Anda; Petunjuk arah yang membuat kita tetap pada jalur saat merancang dan memberi presentasi.

§ Dukungan - Fakta, ide, dan data individual yang membangun kasus untuk apa yang akan Anda bagikan dengan audiens Anda.

Dengan itu di tangan, sekarang saatnya untuk beralih ke PowerPoint dan mulai membangun presentasi Anda.  Mari buka PowerPoint dan mulailah bekerja.

 

Langkah 1. Bekerja dengan Outline View PowerPoint

Sejauh ini, kami telah membuat garis besar di atas kertas atau di aplikasi lain, dan PowerPoint benar-benar memungkinkan Anda membuat presentasi dari outline view. Pada titik ini, Anda dapat mulai mengambil garis besar yang telah Anda tulis di atas kertas dan memasukkannya ke dalam presentasi PowerPoint Anda. 

 

Untuk beralih ke outline view, cari tab View pada ribbon PowerPoint dan klik Outline View. Di sisi kiri jendela, Anda bisa klik di sebelah salah satu kotak putih untuk memulai.

 

Untuk menambahkan titik utama baru, tekan Enter. Saat menambahkan poin baru ke outline view, PowerPoint akan memperbarui slide dengan poin-poinnya.

 

Tekan Control + Enter untuk menambahkan level kedua dari garis besar. Ketik poin garis besar Anda, dan PowerPoint akan mengisi slide dengan data Anda.

 

Dengan menggunakan outline view di PowerPoint, Anda dapat membuat slide PowerPoint menggunakan outline view presentasi tradisional di bilah sisi.

 

Gunakan outline yang Anda tulis di paruh pertama tutorial ini untuk membangun konten di slide PowerPoint Anda. Tentu saja, Anda ingin menulis ulang apa yang ada dalam garis besar Anda dengan cara yang sesuai dengan presentasi, seperti menjaga agar poin tetap pendek dan ringkas untuk menarik perhatian audiens Anda.

 

Langkah 2. Gunakan Tip Pendek untuk Setiap Slide

Saya pikir kita semua telah melihat presentasi yang cukup dimana pembicara secara harfiah membaca isi kata demi kata untuk presentasi.

 

Ini adalah cara tercepat untuk kehilangan perhatian audiens Anda. Jika saya ingin membaca slide, saya akan melakukannya sendiri dan tidak mendengarkan seseorang yang melakukannya untuk saya.

 

Poin seharusnya tidak menjadi kalimat penuh, tapi dari garis besar Anda. Mereka harus menjadi ringkasan ide Anda yang akan Anda uraikan saat berbicara. 

 

Buatlah ukuran huruf besar untuk keterbacaan maksimum dan kalimat singkat untuk rentang perhatian audiens Anda. Menjaga poin Anda ringkas untuk membantu membuat presentasi PowerPoint yang bagus dan lebih berkesan.

 

Langkah 3. Letakkan Layout di PowerPoint untuk Dipakai

Layouts adalah kombinasi unsur-unsur seperti kotak dan placeholder untuk gambar dan media. Ada sejumlah pilihan untuk digunakan, dan bila digunakan dengan baik, mereka dapat membuat presentasi PowerPoint yang bagus. 

 

Untuk memilih tata letak, cari tombol Layout pada tab Home pada ribbon PowerPoint. Klik pada pilihan dropdown untuk memilih layout yang berbeda untuk pengaturan konten yang berbeda pada slide Anda.

 

Layout ini memiliki cara berbeda untuk menyesuaikan konten Anda. Tidak masalah konten apa yang Anda ketik dalam outline view, dengan mengubahnya akan tetap menyimpan konten namun menyesuaikannya dengan pengaturan baru.

 

Layouts adalah kombinasi elemen pada slide PowerPoint.

Bergantung pada tema presentasi PowerPoint yang Anda gunakan, Anda harus memilih layout yang memberi Anda elemen yang Anda inginkan. Jika saya tahu slide saya akan menyertakan gambar, saya akan memastikan untuk memilih tata letak dengan placeholder gambar. 

 

Untuk membuat presentasi PowerPoint yang hebat, pilih layout slide terbaik yang sesuai dengan isi setiap slide Anda, serta keseluruhan presentasi Anda.

 

3. Bangun Tampilan Presentasi PowerPoint Anda

Anda akan jauh lebih yakin jika Anda tahu bahwa tema presentasi Anda terlihat hebat. PowerPoint memiliki sejumlah tema bawaan yang merupakan titik awal yang baik, namun ada banyak alternatif yang lebih baik dan unik.

 

Langkah 1. Bekerja dengan Tema PowerPoint Kustom

Sumber favorit saya saat ini untuk tema PowerPoint adalah Envato Elements. Ini benar-benar luar biasa, Anda dapat menggunakan semua tema presentasi PowerPoint yang bagus. Untuk satu tarif biasa, Anda memiliki akses ke pustaka besar aset kreatif: 

 

Envato Elements memiliki template presentasi PowerPoint yang bagus.

Akses tersebut mencakup lebih dari 400 template PowerPoint yang dapat Anda gunakan termasuk dalam pengaturan komesial. Selama Anda menjadi pelanggan, Anda dapat mendownload berbagai tema presentasi PowerPoint yang tak terbatas untuk presentasi besar berikutnya.

 

Bagian terbaik tentang tema kustom adalah mereka biasanya menyertakan ide untuk slide Anda. Mereka akan menyertakan tata letak yang dapat dengan mudah menempatkan konten Anda sendiri ke dalamnya. 

 

Saya hampir selalu menyiapkan presentasi dengan tenggat waktu yang singkat. Saya hampir tidak punya waktu untuk membangun semua ilustrasi, grafis dan visual saya sendiri dari awal. Elemen memiliki cukup tema presentasi untuk semua jenis presentasi.

 

Anda juga dapat menemukan template PowerPoint yang bagus untuk penjualan individual di Envato Market. Temukan desain presentasi yang lebih menarik dalam pilihan ini: 

 

Langkah 2. Ubah Tema dan Gaya untuk Presentasi Anda

Untuk mengubah tema PowerPoint Anda, navigasikan ke tab Design pada ribbon PowerPoint. Klik panah dropdown dan pilih salah satu thumbnail untuk mengubah tema PowerPoint Anda menjadi yang terbaik untuk presentasi Anda.

 

Ubah desain tema di PowerPoint.

Menggunakan tema dan menambahkan konten Anda benar-benar berjalan beriringan. Saat Anda mengubah tema , Anda mungkin perlu mengolah ulang konten sehingga muncul dengan benar. Pelajari lebih lanjut tentang cara bekerja dengan template Powerpoint profesional untuk membuat presentasi Anda:

 

4. Tambahkan Visualisasi ke Presentasi Anda

Visualisasi adalah cara terbaik untuk memecah monoton poin dalam presentasi PowerPoint Anda. Bagan yang dipetakan dengan baik atau gambar yang menakjubkan dapat menarik perhatian audiens Anda atau memberikan representasi visual sebuah fakta. 

 

Simak tutorial di bawah ini untuk mempelajari beberapa teknik visualisasi kunci dalam PowerPoint, dan bagaimana Anda bisa menggunakannya untuk membuat presentasi Powerpoint yang bagus dengan dampak visual yang lebih besar:

 

Video lebih sulit untuk ditambahkan ke presentasi PowerPoint Anda dibanding yang terlihat sekilas. Dalam tutorial terperinci ini, Anda akan belajar langkah demi langkah bagaimana...

 

Diagram PowerPoint adalah alat bantu visual yang bagus. Pelajari bagaimana membuat diagram dan grafik bagus di dalam Microsoft PowerPoint menggunakan tutorial ini. 

 

Temukan cara menggunakan SmartArt untuk membuat grafik, diagram, peta proses, dan visualisasi grafis yang bagus di dalam Microsoft PowerPoint dengan cepat.

 

Dalam video cepat ini, pelajari cara mengambil file spreadsheet Anda dan menyalinnya dari Excel dan embed di PowerPoint. Juga, kontrol bagaimana gaya data Anda. 

 

Saya lebih suka menambahkan visualisasi menjelang akhir proses, setelah saya memilih tema yang mempengaruhi keseluruhan presentasi.

 

5. Siapkan PowerPoint dan Lalu Sajikan

Dan akhirnya; semua kerja keras Anda untuk menulis konten Anda dan mengemasnya menjadi presentasi yang menarik akan segera terlunasi. 

 

Mari kita lihat bagaimana menyiapkan presentasi yang bagus dengan menggunakan PowerPoint. Banyak dari kita, ini adalah tahap yang paling menakutkan dalam proses - di mana kita maju dan menyampaikannya.

PowerPoint memiliki beberapa fitur hebat untuk mengurangi kecemasan presentasi Anda. Gunakan ini sambil bersiap berbicara.

 

Langkah 1. Siapkan Speaker Notes Anda

Karena slide kami tidak berisi apa yang akan kami katakan saat mempresentasikannya, Speaker Notes adalah tempat untuk menempatkan informasi tersebut.

 

Di bagian bawah PowerPoint adalah tombol Notes yang bisa Anda klik untuk membuka speaker notes. Ini adalah tempat yang tepat untuk mengetik dan menangkap isyarat atau poin utama Anda untuk presentasi Anda.

 

Menggunakan speaker notes PowerPoint

Pelajari cara menambahkan Speaker Notes ke presentasi PowerPoint Anda dengan cepat:

Dari mana catatan ini muncul? Anda akan melihatnya dalam mode presentasi (lebih dari itu dalam satu menit) atau jika Anda mencetak salinan slide keluar. Jalan lain, saya menggunakan ini untuk mendorong pidato saya dan mengingat poin pembicaraan penting saya.

 

Langkah 2. Bekerja dengan Presenter View di PowerPoint

Mode presentasi sangat cocok untuk saat Anda menghubungkan perangkat Anda ke layar eksternal. Apa yang Anda lihat di layar Anda sendiri bisa berbeda dari apa yang audiens Anda lihat.

 

Untuk masuk ke mode ini, centang kotak Use Presenter View pada tab Slide Show di ribbon PowerPoint. Saat Anda masuk ke slide show (F5 adalah pintasan keyboard), Anda akan memasukkan custom presenter view.

 

Gunakan Presenter View di PowerPoint.

Sekarang, saat Anda masuk di slide show, Anda akan memiliki tampilan berbeda di monitor Anda sendiri, lengkap dengan catatan pembicara di bawahnya.

 

Contoh speaker notes di tampilan monitor Anda sendiri.

Jika Anda memiliki layar kedua, ini pasti cara terbaik untuk mempresentasikannya. Anda akan menyimpan catatan di depan Anda dan melihat sekilas slide berikutnya.

 

Rabu, 02 September 2020

CARA MEMBUAT BLOG

 Cara Membuat Blog Gratis di Blogger.com


Blog merupakan ‘versi lain’ dari web, biasanya bersifat lebih personal namun tidak terbatas oleh ruang lingkup tertentu. Artinya blog bisa membahas apapun, bersifat fleksibel dan menjadi tempat non formal untuk berbagi informasi. Blog itu tidak mahal, sobat Trenogoers yang ingin membuat blog gratisan, bisa kok, mau tau caranya? Coba ikuti panduan pemula berikut ini.

Di panduan pemula edisi minggu ini TRL akan pandu sobat yang ingin memiliki blog gratisan dari Blogger.com. Tanpa basa-basi lagi, yuk langsung masuk ke langkah pertama.

  • Buka halaman web Blogger.com, Anda akan menemukan halaman dengan tampilan seperti gambar di bawah ini. Jika Anda sudah memiliki akun Google, silahkan langsung login dengan memasukkan alamat email dan kata sandi di kotak yang sudah disediakan. Jika belum, silahkan klik Create an Account terlebih dahulu.

       cara membuat blog gratis

  • Isi data dan informasi yang diminta lalu klik tombol Next Step, lakukan konfirmasi sesuai yang diminta, verifikasi biasanya meminta nomor ponsel Anda, ikuti saja prosedurnya hingga selesai.

cara membuat blog gratis

  • Selanjutnya kembali ke blogger.com dan login dengan akun yang baru saja Anda buat.
  • Saat berhasil masuk ke blogger.com temukan menu Blog Baru dan klik. Langkah ini sudah memasuki tahap pembuatan blog.

cara membuat blog gratis

  • Isi judul dengan judul apapun sesuai dengan konsep blog yang ingin Anda buat, kemudian masukkan alamat blog yang nantinya menjadi tujuan para pengunjung. Pilihlah nama yang mudah diingat dan semenarik mungkin. Lalu pilih template yang tersedia di dalam kolom tersebut, dan tutup dengan mengklik Buat Blog!

cara membuat blog gratis

Info Menarik: Cara Mengirim Pesan Gmail Terjadwal dengan ‘Boomerang’

  • Selesai! Blog Anda sudah berhasil dibuat, klik judul blog Anda untuk mengakses dashboard secara terpisah.

cara membuat blog gratis

  • Sekarang blog baru Anda perlu sebuah artikel, bisa apa saja, mungkin satu dua patah kata untuk menyambut pengunjung yang datang ke blog pertama Anda. Caranya klik tombol Entri baru.

cara membuat blog gratis

  • Di halaman ini Anda bisa mengisi blog dengan konten apapun selama dalam aturan yang sudah ditentukan. Pernah membuat pesan email atau Facebook, hampir sama tetapi di Blogger.com konten Anda akan terbuka dan dapat dibaca oleh jutaan orang di seluruh dunia, jadi pastikan konten atau artikel yang Anda tulis bermanfaat bagi pengunjung.
  • Buat artikel yang menarik, Anda bisa juga menambahkan gambar di dalam artikel agar lebih hidup. Coba perhatikan sejumlah menu di atas kotak artikel di halaman tersebut, saya yakin Anda dapat memahami dengan mudah apa kegunaan dari setiap tombol tersebut. Practices makes perfect! Jadi, silahkan menjejalah dengan menghabiskan waktu beberapa lama di dashboardblog Anda agar lebih cepat paham.

cara membuat blog gratis

  • Jika sudah selesai klik tombol Publikasikan dan Anda akan dihantarkan ke halaman daftar konten seperti ini. Untuk melihat hasil tulisan Anda, klik Lihat blog.

cara membuat blog gratis

  • Ini dia hasil blog yang baru saja kita buat, mudah bukan?

Selasa, 25 Agustus 2020

Content Manajemen System (CMS)


CMS saat ini sudah berkembang sangat pesat sehingga saat ini bermunculan macam-macam CMS yang ada diseluruh dunia. CMS menjadi salah satu andalan untuk mengembangkan sebuah blog. Akan tetapi masih banyak pengguna internet yang belum tau mengenai apa itu CMS.

Apa Itu CMS?

CMS (Content Manajemen System) adalah sebuah perangkat lunak atau sistem yang mengatur konten pada situs web, bisa situs web yang berupa company profile, e-commerce, blog, forum, dan lainnya.

Jika ada mie instan pada makanan, CMS menjadi pembuatan situs instan yang disediakan di internet. CMS dapat anda gunakan meskipun anda tidak mengetahui mengenai pemrograman sama sekali.  CMS juga menyediakan template layaknya WordPress.

Sampai pada bagian ini semoga sudah sedikit menjawab pertanyaan “apa itu cms?”. Setelah mengetahui pengertian CMS, selanjutnya akan saya coba jelaskan sedikit sebagian keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan CMS.

Apa Manfaat CMS untuk Anda?

CMS memberikan kemudahan untuk membuat halaman website yang menarik tanpa harus mengerti bagaimana membuat website dari awal. Perkembangan CMS tidak hanya untuk blogger saja melainkan sudah merambah ke bisnis, sehingga saat ini sudah banyak CMS yang ditujukan khusus untuk e-commerce.

Sebelum membahas mengenai apa itu CMS beserta fungsi-fungsinya, kita lihat dahulu bagaimana sebenarnya perkembangan pengguna internet dan pontensi perkembangan industri e-commerce saat ini di Indonesia. Semoga melalui artikel ini nanti sudah bisa menjawab pertanyaan Anda mengenai apa itu CMS dan bagaimana CMS bekerja.


Indonesia saat ini menempati posisi keempat setelah Tiongkok, India, dan Amerika Serikat dengan jumlah penduduk mencapai 262 juta jiwa. Pada tahun 2035 diprediksi Indonesia akan mempunyai jumlah penduduk lebih dari 300 juta jiwa.

Tidak hanya pertumbuhan jumlah penduduk saja, jumlah pengguna internet di Indonesia saat ini juga mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan.

Tahun 2013, jumlah pengguna internet di Indonesia tercatat sebanyak 72,8 juta, pada tahun 2016 naik menjadi 102,8 juta sedangkan di tahun 2017, pengguna internet Indonesia diprediksi mencapai 112,6 juta.

Presiden MasterCard di wilayah Asia Tenggara, Matthew Driver, menuturkan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan e-commerce terbesar di Asia-Pasific[3]. Pertumbuhan ini didukung dengan data dari Menkominfo yang menyebutkan bahwa nilai transaksi e-commerce pada tahun 2013 saja sudah mencapai angka Rp130 triliun.

Selain itu, penelitian yang digagas TEMASEK dan Google tersebut pula memprediksi bahwa Indonesia akan berubah menjadi pemain dominan dalam percaturan e-commerce terutama di kawasan Asia Tenggara.

Sebagai pelaku industri online apa yang bisa Anda lakukan?

Peluang untuk mengembangkan bisnis online masih terbuka lebar di Indonesia.

Ada beberapa kemungkinan yang membuat produk yang Anda jual tidak banyak terjual meskipun sudah banyak yang mengunjungi situs Anda. Salah satunya mungkin dikarenakan tampilan situs toko online yang kurang menarik.

Jika Anda ingin menggunakan tampilan yang menarik dan mudah digunakan, And abisa mencoba menggunakan CMS.

Kenapa Menggunakan CMS?

Ada beberapa alasan yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan menggunakan CMS. Tidak hanya sangat mudah pada proses instalasi, saat menggunakan juga sangat sederhana.

Jika Anda sudah pernah menggunakan WordPress, pasti tidak akan kesulitan untuk menyesuaikan, menggunakan, dan mengembangkan CMS sesuai dengan kebutuhan.

1. Efisiensi

Tidak banyak pengusaha punya waktu untuk membuat situs web dari awal. Jika Anda merupakan seseorang yang mempunyai usaha, tidak mempunyai cukup waktu untuk membuat situs web, tetapi ingin mempunyai situs web untuk usaha Anda, CMS merupakan pilihan yang tepat untuk menjadi alat Anda meraih sukses  melalui internet.

Tidak masalah meskipun biaya yang Anda alokasikan sedikit, bahkan, Anda bisa menggunakan biaya tersebut untuk membayar seseorang mengerjakan konten situs web saja.

2. Kemudahan dan Cepat

Tidak mengerti mengenai pemrograman? tidak masalah!

Jika anda merupakan seseorang yang belum pernah belajar mengenai pemrograman, CMS pilihan yang sangat tepat untuk Anda pelajari. CMS menawarkan banyak kemudahan dari proses instalasi sampai dengan proses perawatan dan pembaharuan konten.

CMS juga akan sangat membantu jika Anda membutuhkan situs web dalam kondisi mendesak. Hanya dengan beberapa klik saja Anda sudah bisa menampilkan halaman website dan tinggal memasukkan konten-konten saja.

3. Pemisahanan Konten Mudah

Meskipun proses instalasi yang dilakukan sederhana, namun fiturnya lengkap. Bahkan, Anda bisa mengatur banyak hal melalui CMS pada halaman admin yang ada satu paket dengan instalasi CMS. Ingin menambahkan fitur lain? Sangat mungkin dan mudah dilakukan dengan menambahkannya melalui fitur instalasi plugin yang disediakan.

4. Penambahan Fungsi

Tidak hanya mengelola fitur-fitur tambahan, CMS juga bisa dibedah kode sumbernya dan disesuaikan dengan kebutuhan situs web. Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan pemograman pasti akan suka dengan fitur custom kode sumber, karena bisa sangat fleksibel menyesuaikan pengaturan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Perlu diperhatikan bahwa sebelum mengubah kode sumber asli dari template CMS Anda perlu memastikan sudah mempunyai data backup. Paling tidak melakukan proses penyuntingan hanya menggunakan data salinan saja.

5. Dapat Menambahkan Banyak User

Membangun usaha yang dikerjakan oleh beberapa orang pasti juga membutuhkan beberapa akun untuk mengelola situs web dan membuat konten. CMS memberikan kebebasan kepada Anda untuk menambahkan berapa saja jumlah user yang dibutuhkan. Tidak hanya satu hak akses yang disediakan, ada beberapa jenis hak akses dari masing – masing tipe.

Jadi semua orang yang mengelola bisnis itu bisa memasukkan konten pada situs web peruasahaan sesuai dengan peranannya masing-masing.

6. Memudahkan Saat Proses Maintenance

Tidak bisa dihindari, perubahan besar-besaran pada situs web pasti akan terjadi. Tanpa menggunakan CMS, itu akan menjadi sangat susah dan penuh dengan resiko. Apalagi yang berhubungan dengan rbuan data dan merubahnya satu persatu.

Saat Anda menggunakan CMS, hampir semua sruktur situs web sama dan terfokus pada satu bagian saja, sehingga jika ada pembaharuan situs tidak akan merusak situs yang saat ini ada. Anda juga tidak perlu melakukan perbaruan satu persatu, CMS akan melakukan hal itu secara otomatis.

7. Ingin mengubah desain? Sangat Simpel!

Kemudahan lain yaitu saat Anda ingin mengganti tampilan pada situs web. Anda hanya tinggal mengunggah template yang sudah dibuat di lokal atau mengunduh template berbayar yang saat ini banyak tersedia di internet. Kemudiah diunggah pada halaman admin. Bahkan, terkadang ada CMS yang sudah menyediakan template bawaan sehingga tidak perlu mencari sendiri template yang Anda suka.

Keuntungan Lain Menggunakan CMS untuk Website Anda

Menggunakan CMS untuk situs web dapat menjadi investasi yang sangat besar bagi kemajuan usaha. Apalagi jika usaha yang Anda miliki saat ini ingin dikembangkan melalui permasaran online. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, jika di Indonesia saat ini termasuk lima besar negara pengguna internet terbanyak.

CMS memberikan kesederhanaan namun dengan kemampuan yang handal yang bisa Anda manfaatkan untuk memaksimalkan tampilan sampai dengan konten.

Jika Anda termasuk orang yang peduli dengan SEO, ada plugin yang berjalan pada CMS khusus untuk mengoptimalkan SEO pada konten situs web Anda. Jika berjalan dengan baik, SEO ini akan menempatkan konten Anda pada peringkat atas mesin pencarian.

CMS Terbaik untuk Website Anda

Ada banyak sekali CMS yang saat ini ditawarkan di internet. Kegunaannya punbermacam-macam, seperti CMS yang khusus untuk blog, e-commerce, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah CMS yang menurut saya menarik untuk Anda coba.

  • WordPress

WordPress adalah sebuah aplikasi open source populer digunakan sebagai (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Tidak hanya sebagai aplikasi open source, WordPress juga digunakan sebagai CMS dan saat ini menjadi salah satu CMS yang paling banyak digunakan di dunia.

WordPress pertama kali dikembangkan pada tahun 2003. Dibuat oleh Matt Mullenweg dan Mike Little dengan bantuan komunitas-komunitas open source yang ada di seluruh dunia, WordPress perlahan menjadi CMS yang sangat populer digunakan.

Perbedaan WordPress, WordPress.com, dan WordPress.org

Bagi pengguna yang baru atau bahkan pengguna yang lama terkadang bingung mengenai alamat situs resmi dari WordPress, yaitu wordpress.org dan wordpress.com. Kedua alamat ini memang sama-sama menyediakan dan menjadi rumah layanan WordPress akan tetapi dengan fitur yang sangat berbeda.

WordPress.com merupakan penyedia web hosting wordpress. Perbedaannya dengan layanan wordpress.org adalah adanya batasan penggunaan. Anda tidak dapat melakukan instalasi plugin pada wordpress.com, padahal ini merupakan fitur yang sangat menarik dari WordPress. Jika Anda ingin menggunakan Google Adsense pada wordpress.com sebaiknya mengurungkan niat terlebih dahulu, dikarenakan wordpress.com membatasi penggunaan untuk tujuan itu.

Sedangkan, apa itu CMS WordPress?

CMS WordPress merupakan perangkat lunak yang mempunyai fasilitas untuk pengelolaan konten situs web. Menggunakan CMS WordPress mengizinkan Anda untuk melakukan pengelolaan keseluruh file, dokumen, serta desain dan tampilan konten.

WordPress sebagai CMS bisa Anda pasangkan pada hosting yang Anda miliki dan menggunakan domain sendiri tidak menggunakan ektensi domai wordpress. CMS WordPress pada hosting sendiri lebih fleksibel dan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Keunggulan WordPress

WordPress memiliki banyak keunggulan yang bisa Anda manfaatkan untuk kebutuhan bisnis, antara lain :

  • Open source yang berarti WordPress bisa Anda gunakan tanpa membayar.
  • Template dan desin sangat mudah disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.
  • Adanya kemudahan untuk melakukan impor dari situs lainnya.
  • Banyak plugin tambahan dan template yang bisa Anda unduh dan gunakan secara gratis.
  • Mempunyai fitur multi kategori dalam satu artikel.
  • Fasilitas Trackback dan Pingback.
  • Terdapat fasilitas format teks yang mirip dengan program pengolahan kata.
  • Dan lain sebagainya.

Fitur WordPress

Ada banyak fitur yang disediakan WordPress meskipun pada saat instalasi biasa, antara lain :

  • Pengelolaan Artikel – Pada fitur ini Anda bisa mengelola apa saja yang berhubungan dengan artikel seperti menuliskan, menghapus, dan membuat tag pada masing – masing postingan.
  • Users – Anda bisa menambahkan tim pada fitur ini disesuaikan dengan tugas dan peran masing – masing dalam pengelolaan stus web. Bisa sebagai admin, penulis, editor dan lainnya. Paa fitur ini Anda juga mempunyai akses untuk merubah password dan mengatur keamanan.
  • Menu Pages – Jika pada halaman situs web biasanya Anda bisa melihat menu yang berjejer dengan menu Home. Pada fitur pages, Anda bisa menambahkan halaman lain yang mirip dengan page home. Secara umum fitur post dan pages hampir sama.
  • Media – Seluruh konten gambar dan video bisa Anda lihat dan kelola menggunakan fitur ini.
  • Pengelolaan Komentar – Anda bisa mengatur komentara apa saja yang diperbolehkan berada pada artikel Anda, menyaring komentar yang tidak diperlukan dan menghapus komentar yang tidak perlu. Anda juga bisa membalas semua komentar yang masuk melalui fitur ini.
  • Pengelolaan Tema – Anda ingin mengganti dan menyesuaikan tampilan pada situs web?, gunakan fitur ini untuk melakukannya. Ada banyak pilihan, seperti melakuakn custom tema live dan mengatur tema langsung ke sumber kodenya.
  • Plugin – Diantara fitur lain yang paling menarik adalah plugin. Anda bisa menambahkan fitur – fitur lain sesuai dengan kebutuhan seperti SEO, custom page, SSL, dan lain sebagainya melalui fitur plugin.

Siapa saja yang menggunakan WordPress?

Ada banyak situs web terkenal yang menggunakan WordPress sebagai pondasinya, antara lain:

  1. TechCrunch
  2. The New Yorker
  3. BBC America
  4. Bloomberg Professional
  5. Microsoft News Center

Setelah ini akan saya coba bahas sedikit mengenai Joomla dan Drupal yang merupakan CMS lain yang saat ini ada di internet.

WordPress juga mempunyai komunitas yang siap membantu Anda jika terjadi masalah, melalui forum, mailing list, dan IRC chat. Ada banyak dokumentasi juga yang bisa Anda dapatkan.

  • Joomla

Apa itu CMS Joomla?

Joomla juga merupakan salah satu CMS yang eksis sampai dengan saat ini. Asal kata Joomla sendiri berasal dari kata Swahili “jumla” yang mengandung arti “kebersamaan”. Meskipun tidak sepopuler dengan WordPress, namun masih ada banyak situs web yang mempercayai Joomla sebagai sistem managemen kontennya.

Joomla memiliki paket yang terpisah yang mudah untuk dikembangkan dan dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan. Sama halnya WordPress, Joomla memiliki plugin seperti WikiBot dan plugin lain yang bisa Anda manfaatkan untuk membangun situs web.

Joomla dibuat dengan menerapkan prinsip model – view – controller yang saat ini banyak dipakai pada pengembangan sistem perangkat lunak.

Kelebihan

Seperti WordPress, Joomla juga terdapat ektensi dan template yang bisa Anda gunakan. Meskipun pada saat proses instalasi lebih susah dibandingkan dengan WordPress, tetapi secara keseluruhan hampir sama. Selain itu Joomla juga dapat Anda gunakan untuk beberapa kebutuhan, seperti :

  • Website bisnis kecil
  • Majalah, koran, dan publikasi online
  • Portal situs web untuk perusahaan
  • E-commerce dan pemesanan online
  • Situs web pribadi dan lain sebagainya

Selain itu Anda juga bisa bisa dengan mudah mengembangkan beberapa  fitur yang sangat mudah seperti untuk sistem pengelolaan inventaris, pelaporan data, katalog produk, dan lain sebagainya.

Terkait keamanan, Joomla akan selalu memperbaiki isu keamanan yang dilaporkan secara berkala. Sehingga sampai dengan saat ini masih ada versi terbaru yang bisa Anda dapatkan.

Fitur Joomla

Joomla menyediakan banyak fitur dan juya menyediakan kontan yang sudah langsung bisa Anda manfaatkan. Ditambah lagi sistem managemen user yang memudahkan untuk mengelola konten yang sedang dikelola.

Melalui sistem manajemen user, Anda mendapatkan akses untuk mengelola fitur yang dapat digunakan untuk menyesuaikan website sesuai dengan kebutuhan. Berkat sistem ini terasa sangat mudah untuk mengelola dan mengatur semuanya, apalagi berhubungan dengan template, SEO, dan custom tampilan agar mendapatkan rate yang baik dari Google sehingga mudah ditemukan pada sistem pencariannya.

  • Drupal

Apa itu CMS Drupal?

Meskipun tidak sepopuler Joomla dan WordPress, tetapi Drupal memiliki penggemar sendiri yang membuat CMS ini masih bisa bertahan sampai sekarang.

Proses instalasi sangat mirip dengan CMS lain, unduh paket Drupal dan kemudian menjalankan program instalasi. Namun Drupal memiliki kendala pada fitur yang ditawarkan. Jadi jika Anda ingin menggunakan fitur atau modul yang lain Anda perlu mengunduh modul dan menempatkannya pada folder Drupal.

Terkait keamanan, Drupal mengambil pendekatan yang sangat serius. Jika terdapat masalah keamanan Drupal menampilkan pada halaman situsnya saat sudah ditambal. Hampir jarang terdengar kabar bahwa Drupal banyak diretas, kemungkinan lain bisa jadi karena pengguna yang masih jarang.

Keunggulan Drupal

Drupal mempunyai banyak keunggulan yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan sebelum menggunakan layanannya. Berikut ini adalah keunggulan yang ditawarkan oleh Drupal yang saya ambil dari website resmi Drupal Bahasa Indonesia.

1. Mudah digunakan

Drupal memberikan kemudahan dalam penggunaan. Pengelolaan konten untuk menyelesaikan tugas-tugas Anda sehari-hari begitu mudah melalui tampilan antar mukanya.

2. Lebih fleksibel

Anda bisa menentukan struktur konten dengan menambahkan custom fields, pengguna, komentar, dan masih banyak lagi. Ditambah ada ratusan modul yang bisa dimanfaatkan untuk membuat website yang handal.

3. Skalabilitas tinggi

Semenjak perbaikan pada Drupal 7 dengan bantuan JavaScript, optimasi CSS, dan perbaikan pada cache, website Anda akan terasa lebih cepat, responsif dan bisa menangani jumlah user yang besar.

4. Open source

Keunggulan lain yang dimiliki Drupal tentu saja dikarenakan CMS ini open source, sehingga bisa Anda gunakan untuk website tanpa harus mengeluarkan biaya lebih. Selain itu, ribuan orang pintar dan produktif bekerja sama untuk terus meningkatkan dan memperbaiki Drupal, modul, tema dan distribusi.

Kesimpulan

Content Management System (CMS) atau sistem managemen konten adalah pilihan website instan terbaik. Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat website Anda sendiri dengan mudah tanpa harus mengetahui pemograman.

WordPress merupakan CMS yang saat ini banyak digunakan dan masih ada beberapa CMS lain yang bisa Anda manfaatkan. WordPress, Joomla, dan Drupal merupakan CMS yang sangat handal. Jika menginginkan menggunakan CMS yang mudah untuk user awal bisa menggunakan WordPress hosting dari Niagahoster, sedangkan jika ingin menggunakan CMS yang sangat fleksibel untuk disesuaikan dengan kebutuhan, Anda bisa menggunakan Joomla maupun Drupal. Selain itu, fitur dan layanan ketiga CMS ini hampir sama bagusnya.

 

Rabu, 05 Agustus 2020

INTERNET

Tahukah kamu apa pengertian dari internet? Hampir setiap hari kita menggunakan Internet, baik dari anak – anak, orang dewasa, sampai lansia menggunakan internet. Bahkan Internet merupakan sebuah kebutuhan yang digunakan setiap hari dari semua kalangan. Maka dari itu, pengertian internet sudah dapat kita artikan secara general karna istilah internet sudah tidak asing lagi untuk kita.

Dikota – kota besar sering kali kita lihat, Bahwa Internet ini sangat berpengaruh di segala kegiatan. Mulai dari Perkantoran yang memiliki teknologi canggih untuk mengatur segala kegiatan perkantoran menjadi lebih cepat dan efisien. Hal ini dikarenakan Internet dapat memberikan solusi yang tepat dalam berbagai masalah.

Bahkan kita bisa lihat di Pusat Perbelanjaan Mall, Taman bermain, hingga restoran memiliki teknologi canggih. Misalnya, untuk sekedar bermain Bersama keluarga di taman bermain. Tak jarang, kita melihat para orang tua sibuk mengambil gambar dan merekam video anaknya di layar handphone dan mengabadikannya kedalam bentuk social media.

Nah, sebenarnya apa pengertian dari internet? Seperti apa manfaat dan fungsinya? Hingga dampaknya dalam kehidupan sehari – hari? Yuk simak penjelasan berikut ini!

Apa Pengertian dari Internet?

  1. Allan (2005)
    Menurut Allan, Pengertian Internet adalah sekumpulan jaringan komputer yang terhubung satu sama lain dan dapat membaca serta menguraikan berbagai protocol komunikasi tertentu yang biasa kita kenal dengan istilah Internet Protocol (IP) dan juga Transmission Control Protocol (TCP). Protokol juga memiliki definisi lebih lanjut menurut Allan merupakan sebuah spesifikasi sederhana mengenai bagaimana komputer dapat berinteraksi satu sama lainnya.
  2. Turban, Rainer, Potter (2005)
    Menurut Turban, Rainer, Potter Internet adalah suatu jaringan besar yang dapat menghubungkan jaringan komputer, mulai dari organisasi pemerintah, organisasi bisnis, hingga sekolah – sekolah di seluruh dunia secara langsung dan cepat.
  3. Supriyanto (2006)
    Menurut Supriyanto, Internet memiliki arti yaitu suatu hubungan dengan berbagai jenis komputer dan dengan jaringan yang ada di dunia serta memiliki sistem operasi dengan aplikasi yang berbeda. Hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan perangkat komunikasi misalnya telepon dan satelit yang juga menggunakan protokol standar dalam melakukan komunikasi, yaitu protocol TCP/IP (Transmission Control / Internet Protocol).
  4. Harjono (2009)
    Menurut Harjono, Internet memiliki arti yaitu kumpulan dari beberapa komputer, bahkan bisa mencapai jutaan komputer di dunia kemudian saling terhubung dan terkoneksi satu dan lainnya. Supaya komputer dapat saling berinteraksi dan terkoneksi, maka diperlukan suatu media agar saling menghubungkan antar komputer. Media yang digunakan bisa menggunakan kabel atau serat optik, bisa juga satelit, maupun sambungan telepon.
  5. Sibero ( 2011)
    Menurut Sibero, Internet yaitu Inter-connected Network yang merupakan sebuah jaringan komputer yang saling menghubungkan antar komputer secara global. Internet dapat bekerja sama seperti jaringan komputer, dan juga jaringan komputer local maupun jaringan komputer area yang lebih luas, dan interet menggunakan sebuah protocol komunikasi yang sama yaitu TCP/IP (Transmission Control Protokol/Control Protokol).
  6. Sarwono (2012)
    Internet adalah suatu kumpulan jaringan yang memiliki skala global. Menurut Sarwono tidak ada orang yang mamou bertanggung jawab untuk menggunakan internet itu . Awalnya, internet hanya digunakan untuk kepetingan militer, tetapi sekarang internet merupakan kebutuhan sekaligus hiburan dimasyarakat.

Apa itu Fungsi dan Tujuan Internet ?

Fungsi internet ada berbagai macam dalam kehidupan sehari – hari, yaitu :

  1. Memudahkan untuk mengakses Informasi
    Sekarang kita bisa mendapatkan informasi dengan mudah hanya dengan menggunakan internet. Bahkan, jika dulu kita sering sekali mengeluh tidak dapat belajar karena tidak memiliki buku dengan harga yang mahal. Sekarang, kita dapat belajar berbagai hal dengan menggunakan internet dimanapun dan kapanpun.
  2. Memudahkan Komunikasi
    Jika dulu kita ingin berkomunikasi dengan teman ataupun teman yang berbeda negara ataupun beda kota, kita harus terlebih dahulu bertemu langsung untuk dapat berkomunikasi dan membutuhkan banyak biaya dan waktu yang lama. Namun, kini dengan internet kita dapat berkomunikasi setiap saat.
  3. Memudahkan dalam Pekerjaan
    Perusahaan banyak menggunakan Internet sebagai salah satu solusi untuk menyelesaikan berbagai masalah secara cepat dan efisien. Dengan memiliki sistem yang saling berhubungan satu sama lain.

Apa itu Manfaat Internet ?

Manfaat internet dalam kehidupan sehari – hari diantaranya, yaitu :

  1. Manfaat Internet untuk Bisnis
    Sudah tidak asing lagi kata Belanja Online dalam kehidupan sehari -hari. Mulai dari pelaku bisnis yaitu penjual yang tidak harus memiliki toko ataupun ruko untuk membuka bisnisnya, melainka cukup mendaftar tokonya ke media belanja online. Dengan menggunakan proses online, pembeli dapat dengan mudah memilih barang dan toko yang d inginkan tanpa harus datang untuk membeli langsung barang yang di inginkan.
  2. Manfaat Internet untuk Belajar
    Internet dengan metode belajar online memudahkan siswa maupun mahasiswa dalam berinteraksi dan mempelajari pelajaran yang di inginkan secara otodidak. Untuk media pembelajaran online mulai dari matematika hingga Bahasa inggris dan pelajaran lainnya dapat dengan mudah dipelajari hanya dengan menggunakan internet. Misalnya :, e – learning, tutorial, hingga kursus juga ditawarkan diberbagai media.
  3. Manfaat Internet untuk Sarana Hiburan
    Dalam keuntungan mencari informasi secara cepat, sering kali internet kita gunakan untuk mencari hiburan seperti : youtube, facebook, maupun Instagram.  Sarana seperti ini bisa kita gunakan dengan cara gratis maupun berbayar sehingga kita akan dapat menikmati berbagai fasilitas hiburan dengan adanya internet.

Bagaimana Dampak Internet dalam Kehidupan sehari- hari?

Dalam berinternet terkadang juga ada dampak yang akan kita rasakan baik itu dampak positif maupun negatif, kira kira apa saja itu? Simak beberapa dampak positif dan negatif dari internet :

1. Dampak Positif :

Berikut ini adalah Dampak Positif dari penggunaan internet :

  • Memudahkan mendapatkan Informasi
    Salah satu hal yang paling menyenangkan dengan adanya internet adalah tersebarnya banyak informasi hanya dengan dalam genggaman hp maupun laptop. Berbeda jaman dahulu yang harus ke perpustakaan untuk mendapatkan banyak informasi.
  • Membantu dalam menyelesaikan masalah dan tugas
    Hal ini juga dirasakan bagi kita pelajar, ada banyak informasi bahkan ada juga aplikasi pembelajaran yang menggunakan internet yang diakses dengan cepat, mudah, dan proses yang interaktif.
  • Mendapat sarana hiburan
    Kita tentu tahu ada banyak sekali fasilitas hiburan yang kita bisa gunakan di internet baik itu fasilitas hiburan seperti menonton video di youtube, mendengar lagu di spotify, dan lainnya.
  • Memudahkan dalam berbisnis
    Perkembangan internet juga mempengaruhi perkembangan bisnis saat ini, saat ini siapa yang tidak punya social media ? Website ? atau fasilitas internet lainnya? Hal tersbut merupakan channel yang bisa digunakan oleh orang untuk berjualan menggunakan internet untuk bisnis online mereka
  • Memudahkan Proses Komunikasi
    Kamu sadar g sih sekarang mudah banget untuk reuni, hal itu dikarenakan internet mempermudah kita dalam berkomunikasi satu sama lainnya.

2. Dampak Negatif :

Berikut ini adalah Dampak Negatif dari penggunaan internet :

  • Terjadinya Cyber bulliying
    Hal ini yang terkadang suka membayakan karena banyak sekali masalah Cyber bulliying yang terjadi diinternet yang dalam hal ini juga dengan adanya internet juga menyebabkan privasi menjadi akan susah sekali untuk disembunyikan.
  • Perilaku negatif dan konten yang tidak baik untuk dilihat
    Internet menuntut kita untuk bijak dalam menggunakannya, sehingga sangat disarankan untuk tidak menggunakan internet dalam kegiatan yang tidak bermanfaat.
  • Maraknya isu Hoax dan penyebaran Hoax
    Hal ini juga menjadi hal yang sering terjadi, siapa yang tidak pernah mendapatkan hoax? saya rasa semua pasti sudah pernah mendapakan berita bohong diinternet atau kita sering sebut HOAX. Nah semoga tidak banyak lagi kejadian berita HOAX yang tersebar asalkan kita sebagai pengguna lebih bijak dalam menggunakan internet.
  • Adanya Cyber Crime yaitu kejahatan internet misalnya penipuan
    Siap yang disini sangat senang dalam berbelanja online ? nah salah satu dampak negatif adanya internet adalah memungkinkan terjadinya penipuan atau kita sering sebut Cyber Crime yang kita harus terus berhati-hati dalam menggunakan fasilitas internet yang kita gunakan.
  • Budaya asli mulai ditinggalkan
    Ini yang juga jangan sampai terjadi, bagaimanapun teknologi berkembang pesar bukaan berarti kita harus meninggalkan kebiasaan baik yang bisa kita laksanakan sebagai mana mestinya.

Penutup

Internet memang menjadi suatu kebutuhan yang  sangat digunakan saat ini, apalagi didukung  dengan perkembangan teknologi yang terus tumbuh dan penuh dengan inovasi. Dengan memanfaatkan internet dengan baik, tentunya kita  akan mendapatkan banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari internet baik itu untuk kegiatan sehari-hari maupun untuk bekerja.

Disatu sisi juga, meskipun internet mempunyai dampak positif, tapi kita juga harus bisa selektif untuk bisa menggunakan internet untuk kebutuhan produktif, karena bagaimanapun akan ada dampak negatif  yang ditimbulkan oleh internet jika kita tidak bijak alam menggunakannya terutama ancaman HOAX  yang beredar dengan cepat.

Demikianlah Pengertian, Fungsi, serta dampak Internet. Yuk, lebih selektif dalam penggunaan internet dalam kehidupan – sehari hari. Mari kita jadikan Internet lebih bermanfaat setelah mengetahui berbagai macam manfaat Internet. Jika kamu punya masukan terkait hal ini jangan ragu untuk komen pada postingan di bawah ini.


BERPIKIR KOMPUTASIONAL (TEMATIS)

  Dasar-dasar Pemikiran Komputasional   Web Designer diharuskan untuk memikirkan masalah dengan cara yang dapat dimengerti oleh komputer...